Untuk semua artikel yang memberikan tautan ke repositori dotfiles saya di GitHub, saat ini sedang dalam proses perbaikan sehingga tidak dapat diakses. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. (bandithijo, 2019/03/14) ●

Tentang Blog dan Penulis

banner

بسم الله الرحمن الرحيم

BanditHijo, tidak seperti yang anda pahami, Bandit (kata ganti orang untuk konotasi yang bersifat negatif) dan Hijo (kata plesetan dari warna hijau).

BanditHijo adalah sebuah frase yang tidak memiliki arti selain “nama” itu sendiri.

Dapat dikatakan BanditHijo adalah nama pena saya – meminjam istilah keren para penulis buku, meskipun saya masih sangat terlampau jauh untuk dapat menyebut diri saya sebagai seorang penulis.

Nama Asli, Status, dan Pekerjaan?

Berdasarkan dokumen catatan akta kelahiran dari Dinas Kependudukan, saya mempunyai nama Rizqi Nur Assyaufi. Sebuah nama yang sangat keren yang diberikan oleh kedua orang tua saya – terima kasih Ayah dan Ibu.

Sudah menikah dengan wanita yang sangat mencintai saya sejak awal bertemu. Devika Marina (sudah dikonfirmasi dengan yang bersangkutan) Hihihi.

Saat ini masih belum bekerja, masih menempuh pendidikan di STMIK Balikpapan. (current: semester 8)

Tapi kalau ada yang mau memberikan tawaran bekerja, akan sangat senang sekali.

Apa Alasan Menulis Blog?

Karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Blogging merupakan aktifitas diluar kesibukan saya yang lain. Menulis, bagi saya, bukan untuk mencari popularitas. Tapi, karena memang saya senang untuk menulis. Saya senang bercerita tentang apa yang saya alami dan saya pelajari. Saya senang dapat memiliki sebuah platform untuk menuliskan dan mendokumentasikan hasil belajar saya.

Mudah-mudahan catatan kecil yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi teman-teman yang memerlukan.

Apa yang Ditulis di dalam Blog?

Sebagian besar isi dari blog ini mengenai hal-hal teknis tentang pemecahan suatu masalah yang saya alami saat menggunakan sistem operasi GNU/Linux. Namun, perlu digaris bawahi, bahwa saya bukan seorang pakar bersertifikat dalam sistem operasi GNU/Linux. Saya hanya seorang penggemar sekaligus pemakai. Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon untuk dapat dimaklumi keterbatasan saya, hehehe.

Sebaik-baik tulisan dokumentasi tentu saja yang dibuat langsung oleh developer aplikasi yang bersangkutan. Karenanya, saya selalu menyertakan sumber literatur yang saya gunakan dalam membuat tulisan.

Blognya Dibuat Pakai Apa?

Blog ini saya buat from scratch menggunakan Static Site Generator yang bernama Jekyll. Tema blog ini pun saya buat sendiri. Tujuannya agar saya lebih bebas bongkar pasang fitur-fitur yang ingin saya tambah dan kurangi di dalam blog ini.

Ceritanya dapat teman-teman baca di sini.

Spesifikasi Mesin Ketik

Berikut ini adalah spesifikasi mesin maupun aplikasi yang saya gunakan selama mengukir tulisan di blog ini.


Tabel Mesin

Tahun
Mesin
2012 - 2016 Apple Macbook Pro 8.1 (2011)
2017 - 2018 Lenovo ThinkPad X260 (2016)
2019 - Sekarang Lenovo ThinkPad X61 (2007)


Tabel Aplikasi

Data
Keterangan
Static Site Generator Jekyll
Hosting GitHub & GitLab
CDN Netlify
Format Text Markdown
Sistem Operasi GNU/Linux
Distribusi Arch Linux
Desktop Env. -
Window Manager BSPWM
Terminal Emulator St
Text Editor NeoVim
Image Editor GIMP & Inkscape
Video Editor Kdenlive
Screen Recorder Vokoscreen

Ilustrasi Workflow

gambar_1

i3 Window Manger + Polybar + Conky + Solarized Dark = My Perfect Desktop

gambar_7

Another Desktop with Wallpaper and Vim

gambar_2

Tools yang saya pergunakan untuk menulis, Vim + Tmux

gambar_3

Tools yang saya pergunakan untuk membuat vector image, Inkscape

gambar_4

Tools yang saya pergunakan untuk membuat banner image, GIMP

gambar_5

Tools yang saya pergunakan untuk image croping, gThumb

Tema gelap dapat berganti sesuai kebutuhan saya menjadi tema terang (light). Biasanya saya menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan dari ruangan/lingkungan.

Dahulu

Sejak duduk dibangku SMP, saya sudah bermain-main menggunakan aplikasi multimedia seperti Adobe Photoshop dan Adobe Premiere Pro pada sistem operasi Microsoft Windows.

Belajar secara mandiri dengan cara mencoba-coba menggunakan tiap-tiap menu tools yang ada pada Adobe Photoshop dan Adobe Premiere Pro. Boro-boro melihat YouTube seperti sekarang. Internet sangat mahal pada jaman ini. Sekolah pun tidak memfasilitasi hobi seperti ini. Wajar saja kalau tidak semua siswa dapat melakukan yang saya kerjakan.

Kalau diingat-ingat, hampir setiap hari saya memproduksi gambar. Baik gambar baru maupun modifikasi dari gambar sebelumnya.

2009, mulai merasakan sistem operasi OSX, menggunakan aplikasi multimedia pada sistem operasi ini memang tidak ada bandingnya. Namun, semua kesan itu berubah sejak negara api menyerang.

Desember 2014, saya memutuskan untuk migrasi penuh menggunakan sistem operasi GNU/Linux, saat itu Fedora. Berusaha mencoba belajar, mencari-cari dan memaksakan diri saya untuk menggunakan aplikasi multimedia FOSS. Ternyata, saya benar-benar jatuh cinta dan tenggelam. Benar-benar tidak ada jalan lagi untuk berbalik dan kembali menggunakan OSX.

Sekarang

Saat ini sudah tidak lagi menggunakan Macbook Pro sejak Januari 2017. Saya memilih untuk mencoba brand dan tipe yang sudah saya incar sejak SMA, yes, ThinkPad! Kebetulan saya memang sangat mengincar ThinkPad, kalau tidak T series, X series. Menggunakan ThinkPad + Linux, adalah sebuah kombinasi yang hakiki. Seandainya kalian dapat merasakan nikmat yang saya rasakan saat ini, mungkin juga akan berkata hal yang serupa.

Sedang senang dengan programming. Bermodalkan belajar dari video-video di YouTube.

Sebenarnya, sangat tertarik dengan Cloud Computing. Namun, karena tidak ada yang membimbing, jadi dipending dulu. gambar_6

Raport pada Daftar Pelatihan NolSatu

Jujur saja, saya mengikuti NolSatu tanpa mengetahui apa itu Cloud Computing. Dan beginilah hasil yang saya dapatkan. Bermodalkan pengalaman troubleshooting selama menggunakan sistem operasi GNU/Linux.

Kurang puas namun bagaimana lagi, saya benar-benar tidak tahu harus jalan kemana. Saya akan simpan keinginan belajar Cloud Computing sampai datang kesempatan lagi.

Akhir Kata

Dengan segala kerendahan hati, saya mengucapkan selamat membaca tulisan-tulisan di blog yang sederhana ini. Bebaskan diri kalian untuk bertanya, berkomentar, membagikan artikel kepada teman, dan berinteraksi dengan saya.

Akhir kata, atas berkat rahmat Allah SWT, saya mengucapkan terima kasih.

Best Regards, BanditHijo