#PrayForNewZealand (Christchurch) - Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Semoga Allah menjadikan saudara kita yang wafat menjadi ahli surga, yang terluka diampuni dosa dan dimuliakan dunia akhirat. Serta keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran, kekuatan iman, dan limpahan pahala, serta kelak akan kembali dikumpulkan di surgaNya Allah. Aamiin. (2019/03/18) ●

Memperbaiki Font Rendering Netbeans pada Arch Linux

AUT: BanditHijo | PUB: 2018/01/16 UPD: 2019/03/18
Arch Linux Tips

بسم الله الرحمن الرحيم

banner

Latar Belakang

Font rendering yang buruk pada beberapa aplikasi GUI tentu sangat mengganggu mood kita dalam menggunakan aplikasi tersebut. Apalagi kalau aplikasi yang kita gunakan adalah aplikasi yang sehari-harinya kita gunakan. Netbeans adalah salah satu aplikasi yang memiliki font rendering yang buruk pada i3wm saya.

Bagaimana cara saya memperbaiki ini ?

Caranya

Kita perlu mengetahui terlebih dahulu direktori tempat file netbeans.conf disimpan. Atau secara umum, direktori Netbeans tersimpan pada sistem. Dalam kasus saya, Arch Linux, menempatkan direktori Netbeans pada /usr/share/netbeans. Penempatan direktori ini dapat berbeda-beda tergantung distribusi GNU/Linux maupun proses instalasi local user atau wide system.

Kemudian, kita akan mengedit file netbeans.conf,

$ sudo nano /usr/share/netbeans/etc/netbeans.conf
...
...
netbeans_default_options="-J-client ...
...

*Cari baris dengan isi seperti di atas.

Pada akhir dari baris tersebut, kita akan menambahkan 2 properties lain,

-J-Dswing.aatext=true -J-Dawt.useSystemAAFontSettings=on

*Tambahkan baris di atas, masih di dalam tanda petik dari netbeans_default_options=.

Maka akan berbentuk seperti ini,

Sebelum,

...
...
netbeans_default_options="-J-client -J-Xss2m -J-Xms32m -J-Dapple.laf.useScreenMenuBar=true -J-Dapple.awt.graphics.UseQuartz=true -J-Dsun.java2d.noddraw=true -J-Dsun.java2d.dpiaware=true -J-Dsun.zip.disableMemoryMapping=true"
...

Sesudah,

...
...
netbeans_default_options="-J-client -J-Xss2m -J-Xms32m -J-Dapple.laf.useScreenMenuBar=true -J-Dapple.awt.graphics.UseQuartz=true -J-Dsun.java2d.noddraw=true -J-Dsun.java2d.dpiaware=true -J-Dsun.zip.disableMemoryMapping=true -J-Dswing.aatext=true -J-Dawt.useSystemAAFontSettings=on"
...

Sekarang, coba buka kembali, atau restart Netbeans. Apakah font rendering sudah lebih bagus dan smooth ?

Video Dokumentasi

Referensi

  1. thomashunter.name/blog/enabling-anti-aliasing-in-the-netbeans-editor/
    Diakses tanggal: 2018/01/16

Penulis

logo_author

BanditHijo adalah nama pena saya – meminjam istilah keren dari para penulis. Teman-teman menyebut saya sebagai GNU/Linux Enthusiast. Saya memang gemar mengutak-atik sistem operasi ini. Bukan karena hobi tapi karena saya perlu untuk menggunakannya. Hehe.

- Rizqi Nur Assyaufi