Memasang Cisco Packet Tracer 7.1.1 pada Arch Linux

AUT: BanditHijo | PUB: 2018/01/12 | UPD: 2018/10/29

banner

Latar Belakang

Oktober 2017, saya menglami kepanikan dikarenakan aplikasi penunjang perkuliahan Jaringan Komunikasi 2 (CCNA 2) yaitu Cisco Packet Tracer versi 7.1.1, yang secara tiba-tiba tidak dapat dibuka di sistem saya (Arch Linux).

Berbagai macam cara saya kerahkan mulai dari memasang menggunakan sumber dari source tarball yang langsung didapat dari upstream (netacad.com) secara reguler, hingga mencoba-coba berganti versi JDK & OpenJDK. Namun kesemua usaha saya tidak ada yang membuahkan hasil.

Lantas saya mencoba mencari di AUR (Arch User Repository) ternyata sudah tersedia Cisco Packet Tracer 7.1.1 dengan nama paket packettracer. Namun proses instalasinya tidak biasa. Karena kita harus membuat package sendiri dengan bantuan PKGBUILD. Ini adalah pertama kalinya saya memasang sebuah paket dengan menggunakan PKGBUILD.

Prasyarat

Karena bahan untuk melakukan proses instalasi ini adalah tarball Cisco Packet Tracer yang kita dapatkan langsung dari upstream, sehingga syarat utama yang diperlukan adalah anda harus memiliki akses ke dalam situs netacad.com. Untuk dapat mendownload Cisco Packet Tracer versi paling baru (7.1.1).

Instalasi

Meskipun proses instalasi Cisco Packet Tracer 7.1.1 ini tidak biasa, namun ternyata sangat mudah dilakukan. Meskipun awalnya saya juga ragu-ragu, tapi begitu menjalani tahapan demi tahapan, rasanya siapa saja bisa melakukan proses instalasi seperti ini. Langsung saja kita ke langkah-langkahnya.

  1. Download Snapshot from AUR

    Kita perlu mendownload “snapshot”, snapshot ini berisi bahan-bahan untuk proses instalasi, di dalamnya sudah termasuk PKGBUILD, semacam resep untuk meracik bahan-bahan yang tersedia. Hehe

    Download snapshot dari Cisco Packet Tracer 7.1.1 yang tersedia di AUR pada tautan ini [Download Snapshot].

    Nanti akan terdownload satu buah file bernama packettracer.tar.gz.

  2. Extract Snapshot

    Kita perlu mengekstrak isi dari snapshot. Buka Terminal dan pergi ke direktori tempat dimana snapshot dari Cisco Packet Tracer 7.1.1 yang sudah kita download tadi tersimpan. Kemudian lakukan command di bawah untuk mengekstrak isi dari snapshot.

     $ tar -zxf packettracer.tar.gz
    

    Setelah proses ekstraksi berhasil, maka akan terbuat satu buah direktori bernama packettracer dengan PKGBUILD beserta file-file lain di dalamnya.

  3. Download Latest Cisco Packet Tracer from NetAcad

    Meskipun kita sudah memiliki bahan-bahan dan resep (PKGBUILD) untuk melakukan instalasi, namun satu bahan yang menjadi bahan utama dalam proses instalasi ini masih belum kita tersedia di dalam direktori packettracer. Untuk itu kita perlu mendownload Packet Tracer versi terbaru (7.1.1) dan memasukkannya ke dalam direktori packettracer ini.

    [ ! ] Perhatian

    Saya tidak dapat menyediakan link untuk mendownload Cisco Packet Tracer versi terbaru. Karena netacad hanya diperuntukkan bagi yang memiliki akses ke dalam NetAcad. Silahkan melakukan download dengan account NetAcad masing-masing yaa. NetAcad.com

    [ i ] Informasi

    Kabar gembira! Bagi teman-teman yang belum mempunyai akun netacad untuk mendownload Cisco Packet Tracer, dapat terlebih dahulu membaca instruksi yang diberikan oleh mas fathurhoho pada tautan berikut ini >> Cara Mendaftar Akun Netacad

    Setelah Cisco Packet Tracer 7.1.1 selesai didownload, jangan lupa masukkan ke dalam direktori packettracer (direktori hasil ekstrak snapshot packettracer.tar.gz)

  4. Create the Package

    Bahan-bahan yang diperlukan sudah lengkap, sekarang saatnya meracik bahan-bahan dengan resep menjadi satu buah paket siap instal. Caranya dengan mengetikkan command di bawah.

     $ makepkg
    

    Perintah di atas, akan meracik bahan-bahan dengan resep yang kita miliki dan menghasilkan satu buah file bernama packettracer.pkg.tar.xz.

  5. Install the Package

    Sekarang kita sudah memiliki sebuah paket yang siap kita pasang ke dalam sistem Arch Linux. Untuk melakukan proses instalasi terdapat dua cara, dengan makepkg -i atau dengan menggunakan sudo pacman -U, namun saya lebih familiar terhadap command yang kedua.

     $ sudo pacman -U packettracer.pkg.tar.xz
    


Ikuti proses instalasi hingga sampai akhir. Maka proses instalasi Cisco Packet Tracer 7.1.1 dengan menggunakan PKGBUILD dari AUR telah selesai.

Referensi

  1. https://aur.archlinux.org/packages/packettracer
    Diakses tanggal : 2018/01/19
  2. https://www.netacad.com/courses/packet-tracer-download
    Diakses tanggal : 2018/01/19
  3. https://ngonfig.net/akun-netacad.html
    Diakses tanggal : 2018/08/20

Lisensi

logo_cc-by-nc-sa