Menghapus Aplikasi di dalam Wine

AUT: BanditHijo | PUB: 2018/05/23 | UPD: 2018/10/29

banner

Pendahuluan

Saya termasuk tipe pengguna GNU/Linux yang sering mencoba memasang aplikasi Microsoft Windows di sistem GNU/Linux menggunakan Wine.

Sejauh ini aplikasi Microsoft Windows yang berhasil saya pasang dan saya masih gunakan untuk produktifitas saya sehari-hari adalah,

  1. Line Messenger (Naver Line)
  2. WinBox (MikroTik)
  3. Macromedia Flash 8 Pro (Macromedia)

Line, terpaksa saya pasang karena teman-teman kuliah saya masih menggunakan aplikasi ini. Winbox saya gunakan untuk konfigurasi MikroTik. Macromedia Flash 8, belum saya gunakan untuk apa-apa, baru saya gunakan sekali untuk mengerjakan tugas “Design Challenge”.

Permasalahan

Terkadang kita ingin mengujicoba apakah aplikasi yang kita maksud dapat berjalan dengan lancar di sistem operasi GNU/Linux yang kita miliki saat ini. Namun, setelah dipasang, kita bingung bagaimana cara menghapusnya. Apakah cukup menghapus direktori program tersebut yang terdapat pada “Program Files” atau harus menjalankan tool Uninstall Program seperti yang terdapat pada Microsoft Windows.

Solusi

Caranya sangat mudah, kita dapat menggunakan aplikasi GUI bantuan untuk meng-uninstall aplikasi-aplikasi yang kita pasang di Wine.

Buka Terminal dan ketikkan,

$ wine uninstaller

Berikut saya sertakan ilustrasinya.

gambar1

Gimana? Sangat mudah sekali bukan?

Referensi

  1. https://wiki.winehq.org/Uninstaller
    Diakses tanggal: 2018/05/23

Lisensi

logo_cc-by-nc-sa