Sehubungan dengan saya sedang mengikuti kelas "Belajar Menjadi AWS Solutions Architect Associate" yang diadakan oleh Dicoding, saya memindahkan pengaturan DNS blog ini, yang tadinya dikelola oleh Netlify menjadi dikelola oleh Amazon Route53. Pemindahan ini hanya sementara hingga proses penilaian terhadap Final Submission selesai dilakukan. Terima kasih. (bandithijo, 2019/06/01) ● Untuk semua artikel yang memberikan tautan ke repositori dotfiles saya di GitHub, saat ini sedang dalam proses perbaikan sehingga tidak dapat diakses. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. (bandithijo, 2019/03/14) ●

Mencoba Meracik Compton pada i3 Window Manager

Ditulis: 2018/01/11 Diperbaharui: 2019/02/17
I3WM Tips

بسم الله الرحمن الرحيم

Deskripsi

Mencoba meracik Compton pada i3 window manager.

Sejauh saya menggunakan Window Manager yang bernama i3wm, saya baru mencoba menggunakan dua window compositor yang bernama Xcompmgr & Compton.

Sebelumnya, saya menggunakan Xcompmgr, menurut saya lebih praktis saja, tanpa harus banyak melakukan knfigurasi sana sini, sudah dapat menikmati efek transparant. Hanya saja saya tidak paham apakah pada Xcompmgr dapat membuat shadow pada floating window atau tidak. Karena, lama-lama kangen juga lihat efek shadow di bawah floating window, lantas saya mencoba beralih menggunakan Compton window compositor.

Permasalahan lain adalah, terkadang konfigurasi window compositor yang tidak pas dengan hardware dapat menyebabkan flickering pada hasil screencasting.

Berikut hasil testing screencasting setelah dipasang Compton window compositor.

Final result :

backend = xrender
fade = off

Background music:

ISYANA SARASVATI - Adventure Of A Lifetime (COLDPLAY COVER LIVE) at Ruang Tengah Prambors

Penulis

logo_author

BanditHijo adalah nama pena saya – meminjam istilah keren dari para penulis. Teman-teman menyebut saya sebagai GNU/Linux Enthusiast. Saya memang gemar mengutak-atik sistem operasi ini. Bukan karena hobi tapi karena saya perlu untuk menggunakannya. Hehe.

- Rizqi Nur Assyaufi